Dasar Manajemen
A. Gambaran umum
Di
dalam buku ini, pengarangnya yaitu Richard L. Daft memaparkan tentang manajemen
terutama lebih ditekankan pada langkah-langkah untuk menjadi seorang manajer.
Dari langkah-langkah tersebut dia mengelompokkan dalam bab-bab mulai dari
gambaran umum tentang manager yang dirangkai dengan kata-kata “Are you ready to
be a manager?”. Dia juga menjelaskan tentang pentingnya inovasi dalam manajemen
yang berjudul “why innovative management matters”. Setelah Richard menjelaskan
gambaran umumnya, dia menjelaskan tentang definisi dari manajemen yang berjudul
“The definition of management”. Richard menuliskan juga tentang empat fungsi
manajemen dengan judul “the four management functions”.
Setelah Richard
memaparkan manajemen serta yang terkait dengan itu, di subbab selanjutnya dia
mulai menjelaskan tentang manager. Dia mulai memperkecil ruang lingkup
pembahasan ke cara-cara atau kiat menjadi manajer. Organizational performance
adalah bab awal yang membahas tentang penerapan management di dalam organisasi
lalu beruntutan sampai subbab tentang skill yang harus dimiliki oleh seorang
manager seperti subbab “apply your skill”.
Itu tadi adalah gambaran umum tentang buku “New
Era Of Management”.
B. Pandangan Richard dalam buku “New Era Of
Management”
Dalam buku tersebut Richard berpendapat bahwa
manajemen adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasional secara efektif dan
efisien melalui perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan dan pengendalian sumber
daya organisasional. Richard jiga menjelaskan bagaimana menjadi manajer yang
sesuai dengan kualifikasi yang ada. Dia membuat diagram sebagai berikut
Richard juga
menjelaskan tentang fungsi manajemen. Dia menyebutkan setidaknya ada empat
fungsi manajemen yaitu planning, organizing, leading, controlling.
1.
Planning
Perencanaan
berarti mengidentifikasi tujuan untuk kinerja organisasi di masa depan dan
menentukan tugas dan penggunaan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai
mereka. Dengan kata lain perencanaan manajerial, di mana organisasi ingin
berada di masa depan dan bagaimana menuju ke sana.
2.
Organizing
Pengorganisasian biasanya
mengikuti perencanaan bagaimana organisasi mencoba untuk mencapai rencana .
Pengorganisasian melibatkan menugaskan tugas , pengelompokan tugas ke dalam departemen,mendelegasika notoritas ,
dan mengalokasikan sumber daya di seluruh organisasi.
3.
Leading
Memimpin adalah
penggunaan infl uence untuk memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan
organisasi . memimpin berarti menciptakan budaya dan nilai-nilai bersama ,
berkomunikasi tujuan kepada orang-orang di seluruh organisasi , dan menanamkan
karyawan dengan keinginan untuk tampil di tingkat tinggi . Orang
tidak harus menjadi top terkenal manager untuk menjadi seorang pemimpin yang
luar biasa . banyak manajer bekerja dengan tenang dalam organisasi besar
maupun kecil di seluruh dunia juga menyediakan kepemimpinan yang kuat dalam
departemen , tim , organisasi nonprofi , dan usaha
kecil.
4.
Controlling
Pengendalian adalah
fungsi keempat dalam manajemen
proses. Pengendalian berarti kegiatan pemantauan karyawan , menentukan apakah organisasi adalah pada target menuju tujuannya , dan membuat koreksi yang diperlukan manajer harus memastikan bahwa organisasi bergerak menuju tujuannya. Salah satu tren baru-baru initahun ini bagi perusahaan untuk menempatkan kurang penekanan pada kontrol top-down dan lebih menekankan padapelatihan karyawan untuk memantau dan mengoreksi diri . Namun, tanggung jawab utamauntuk kontrol masih berada di tangan manajer .
proses. Pengendalian berarti kegiatan pemantauan karyawan , menentukan apakah organisasi adalah pada target menuju tujuannya , dan membuat koreksi yang diperlukan manajer harus memastikan bahwa organisasi bergerak menuju tujuannya. Salah satu tren baru-baru initahun ini bagi perusahaan untuk menempatkan kurang penekanan pada kontrol top-down dan lebih menekankan padapelatihan karyawan untuk memantau dan mengoreksi diri . Namun, tanggung jawab utamauntuk kontrol masih berada di tangan manajer .
Richard
mengelompokkan skill manajemen kedalam 3 bagian yaitu conceptual skill lalu
human skill dan yang terakhir adalah tecnical skill. Ketiga skill ini sangat
berhubungan dengan tingkatan manajemen dalam suatu organisasi. Menurut Richard
ada tiga juga tingkatan manajemen yaitu top management , middle management ,
dan low management
1. Top Management
Dalam top management dibutuhkan conceptual skill. Untuk manajer tingkat atas , fokus utama adalah pemantauan
lingkungan eksternal dan menentukan strategi terbaik untuk menjadi kompetitif . Mari kita
lihat secara lebih rinci pada perbedaan-perbedaan di tingkat hirarkis . Top manajer berada
di puncak hirarki dan bertanggung jawab untuk seluruh organisasi . memiliki
nama lain seperti
presiden , ketua , direktur eksekutif , chief executive pejabat cer ( CEO ) ,
dan eksekutif, wakil presiden . Top manajer bertanggung jawab untuk menetapkan
tujuan organisasi , defi ning strategi untuk mencapainya , pemantauan dan menafsirkan
lingkungan eksternal ,dan membuat keputusan yang aff dll seluruh organisasi . mereka melihat ke masa depan jangka
panjang dan hanya mementingkan tren lingkungan umum dan keberhasilan keseluruhan
organisasi . Top manajer juga bertanggung
jawab untuk mengkomunikasikan visi bersama bagi organisasi, membentuk
budaya perusahaan , dan memelihara semangat kewirausahaan yang dapat membantu
perusahaan berinovasi dan mengikuti perubahan.
perusahaan berinovasi dan mengikuti perubahan.
2.
Middle
Management
Dalam middle management dibutuhkan human skill. Manajer menengah bekerja pada tingkat menengah organisasi dan bertanggung jawab untuk unit bisnis dan departemen utama .
Contoh manajer menengah adalah departemen kepala , kepala divisi , manajer
kendali mutu, dan direktur laboratorium penelitian . middle management
biasanya memiliki dua atau lebih tingkat manajemen di bawah mereka . mereka bertanggung jawab untuk menerapkan strategi secara
keseluruhan dan kebijakan oleh manajer puncak . Manajer menengah umunya prihatin
dengan masa depan.
3.
Low Management
Dalam low management dibutuhkan tecnical skill. Manajer lini pertamalangsung bertanggung jawab atas produksi barang dan jasa. Mereka adalah pertama atau kedua tingkat manajemen dan, memiliki nama lain seperti pengawas , manajer lini, kepala bagian, dan manajer ce pejabat. Mereka adalah bertanggung jawab untuk tim dan nonmanagement karyawan.
No comments:
Post a Comment