Comment

Breaking News
recent

Pengantar Manajemen



Dasar Manajemen 

A.    Gambaran umum
           Di dalam buku ini, pengarangnya yaitu Richard L. Daft memaparkan tentang manajemen terutama lebih ditekankan pada langkah-langkah untuk menjadi seorang manajer. Dari langkah-langkah tersebut dia mengelompokkan dalam bab-bab mulai dari gambaran umum tentang manager yang dirangkai dengan kata-kata “Are you ready to be a manager?”. Dia juga menjelaskan tentang pentingnya inovasi dalam manajemen yang berjudul “why innovative management matters”. Setelah Richard menjelaskan gambaran umumnya, dia menjelaskan tentang definisi dari manajemen yang berjudul “The definition of management”. Richard menuliskan juga tentang empat fungsi manajemen dengan judul “the four management functions”.
Setelah Richard memaparkan manajemen serta yang terkait dengan itu, di subbab selanjutnya dia mulai menjelaskan tentang manager. Dia mulai memperkecil ruang lingkup pembahasan ke cara-cara atau kiat menjadi manajer. Organizational performance adalah bab awal yang membahas tentang penerapan management di dalam organisasi lalu beruntutan sampai subbab tentang skill yang harus dimiliki oleh seorang manager seperti subbab “apply your skill”.
Itu tadi adalah gambaran umum tentang buku “New Era Of Management”.
B.     Pandangan Richard dalam buku “New Era Of Management”
Dalam buku tersebut Richard berpendapat bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasional secara efektif dan efisien melalui perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasional. Richard jiga menjelaskan bagaimana menjadi manajer yang sesuai dengan kualifikasi yang ada. Dia membuat diagram sebagai berikut

Richard juga menjelaskan tentang fungsi manajemen. Dia menyebutkan setidaknya ada empat fungsi manajemen yaitu planning, organizing, leading, controlling.
1.      Planning
Perencanaan berarti mengidentifikasi tujuan untuk kinerja organisasi di masa depan dan menentukan tugas dan penggunaan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai mereka. Dengan kata lain perencanaan manajerial, di mana organisasi ingin berada di masa depan dan bagaimana menuju ke sana.
2.      Organizing
Pengorganisasian biasanya mengikuti perencanaan bagaimana organisasi mencoba untuk mencapai rencana . Pengorganisasian melibatkan menugaskan tugas , pengelompokan tugas ke dalam departemen,mendelegasika notoritas , dan mengalokasikan sumber daya di seluruh organisasi.
3.      Leading
Memimpin adalah penggunaan infl uence untuk memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan organisasi . memimpin berarti menciptakan budaya dan nilai-nilai bersama , berkomunikasi tujuan kepada orang-orang di seluruh organisasi , dan menanamkan karyawan dengan keinginan untuk tampil di tingkat tinggi . Orang tidak harus menjadi top terkenal manager untuk menjadi seorang pemimpin yang luar biasa . banyak manajer bekerja dengan tenang dalam organisasi besar maupun kecil di seluruh dunia juga menyediakan kepemimpinan yang kuat dalam departemen , tim , organisasi  nonprofi , dan usaha kecil.
4.      Controlling
Pengendalian adalah fungsi keempat dalam manajemen
proses
. Pengendalian berarti kegiatan pemantauan karyawan , menentukan apakah organisasi adalah pada target menuju tujuannya , dan membuat koreksi yang diperlukan manajer harus memastikan bahwa organisasi bergerak menuju tujuannya. Salah satu tren baru-baru initahun ini bagi perusahaan untuk menempatkan kurang penekanan pada kontrol top-down dan lebih menekankan padapelatihan karyawan untuk memantau dan mengoreksi diri . Namun, tanggung jawab utamauntuk kontrol masih berada di tangan manajer .
  
Richard mengelompokkan skill manajemen kedalam 3 bagian yaitu conceptual skill lalu human skill dan yang terakhir adalah tecnical skill. Ketiga skill ini sangat berhubungan dengan tingkatan manajemen dalam suatu organisasi. Menurut Richard ada tiga juga tingkatan manajemen yaitu top management , middle management , dan low management

1.      Top Management
Dalam top management dibutuhkan conceptual skill. Untuk manajer tingkat atas , fokus utama adalah pemantauan lingkungan eksternal dan menentukan strategi terbaik untuk menjadi kompetitif . Mari kita lihat secara lebih rinci pada perbedaan-perbedaan di tingkat hirarkis . Top manajer berada di puncak hirarki dan bertanggung jawab untuk seluruh organisasi . memiliki nama lain seperti presiden , ketua , direktur eksekutif , chief executive pejabat cer ( CEO ) , dan eksekutif, wakil presiden . Top manajer bertanggung jawab untuk menetapkan tujuan organisasi , defi ning strategi untuk mencapainya , pemantauan dan menafsirkan lingkungan eksternal ,dan membuat keputusan yang aff dll seluruh organisasi . mereka melihat ke masa depan jangka panjang dan hanya mementingkan tren lingkungan umum dan keberhasilan keseluruhan organisasi  . Top manajer juga bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan visi bersama bagi organisasi, membentuk budaya perusahaan , dan memelihara semangat kewirausahaan yang dapat membantu
perusahaan berinovasi dan mengikuti
perubahan.
2.      Middle Management
Dalam middle management dibutuhkan human skill. Manajer menengah bekerja pada tingkat menengah organisasi dan bertanggung jawab untuk unit bisnis dan departemen utama . Contoh manajer menengah adalah departemen kepala , kepala divisi , manajer kendali mutu, dan direktur laboratorium penelitian . middle management biasanya memiliki dua atau lebih tingkat manajemen di bawah mereka . mereka bertanggung jawab untuk menerapkan strategi secara keseluruhan dan kebijakan oleh manajer puncak . Manajer menengah umunya prihatin dengan masa depan.
3.      Low Management
Dalam low management dibutuhkan tecnical skill. Manajer lini pertama
langsung bertanggung jawab atas
produksi barang dan jasa. Mereka  adalah pertama atau kedua tingkat manajemen dan, memiliki nama lain seperti pengawas , manajer lini, kepala bagian, dan manajer ce pejabat. Mereka adalah bertanggung jawab untuk tim dan nonmanagement karyawan.
Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.