Comment

Breaking News
recent

Silabus Mata Pelajaran Ekonomi SMA XII



Silabus Ekonomi


Nama Guru
:
……………………
NIP
:
……………………
Kelas
:
XII
Program
:
IPA & IPS
Semester
:
……………………
Tahun Pelajaran
:
……………………







 




SMA …………………
Jl. ……………………………………….
Kabupaten/ Kota                                                                       

SILABUS


Nama Sekolah               : …………………
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Program             : X
Semester                      : 1      
Standar Kompetensi       :  Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan  dan sistem ekonomi
Alokasi                         :  10 x 45 menit


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
1.1    Mengidentifikasi kebutuhan manusia









Kebutuhan manusia
·     Pengertian kebutuhan
·     Macam-macam kebutuhan












·   Mencari informasi tentang  pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
·   Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
·   Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
·   Mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan.

·   Mendeskripsikan pengengertian kebutuhan.


·   Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.









Jenis tagihan: kuis,  pertanyaan lisan, ulangan,  tugas individu,  tugas kelompok
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, jawaban singkat.





2x 45 menit







Referensi yang relevan
pada sumber bahan.



1.2   Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
·         pengertian kelangkaan
·         faktor penyebab kelangkaan
·         pengalokasian sumber daya ekonomi.


·   Menggali informasi tentang kelangkaan
·   Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
·   Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya.
·   Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.

·   Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
·   Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
·   Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak







2x 45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
1.3    Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu  tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi

Masalah pokok ekonomi
·     barang apa yang diproduksi.
·     bagaimana cara memproduksi
·     untuk siapa barang diproduksi.

·   Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi melalui studi lapangan di suatu daerah.


·   Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi.






2x 45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
1.4    Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain

Biaya peluang.
·     pengertian biaya peluang.
·     contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.



·   Mengkaji referensi tentang permasalah ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
·   Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan  kerja bila melakukan produksi di bidang lain.


·     Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
·     Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.







2x 45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
1.5    Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi
Sistem ekonomi
·     pengertian sistem eknomi
·     macam-macam sistem ekonomi
·     kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
·     cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.


·   Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi

·   Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi lapangan


·     Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi

·     Mengidentifikasi sistem ekonomi  dan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi).







2x 45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.



SILABUS


Nama Sekolah               : …………………
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Program             : X
Semester                      : 1      
Standar Kompetensi       :  Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Alokasi                         :  8 x 45 menit


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
2.1      Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi







Perilaku konsumen dan produsen
·         manfaat dan nilai suatu barang
·         perilaku konsumen
·         perilaku produsen












·     Membahas manfaat dan nilai suatu barang
·     Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka/observasi lapangan










·  Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
·  Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
·  Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik)
·  Mendeskripsikan teori perilaku produsen (tabel dan grafik)




Jenis tagihan: kuis,  pertanyaan lisan, ulangan, responsi, laporan kerja praktik, tugas individu,  tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, menjodohkan, performance, portofolio, jawaban singkat,

3x45 menit













Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
2.2      Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram

Arus lingkaran kegiatan ekonomi
·     diagram interaksi pelaku ekonomi. (circulair flow diagram)
·     manfaat interaksi pelaku ekonomi


·         Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi  (Circulair Flow Diagram).

·         Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi.

·         Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)

·         Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.

2x45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
2.3      Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen

pelaku  ekonomi

·  Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi  (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui studi pustaka
·  Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi  di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas.


·  Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
·  Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).





3x45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.

                                                                                                                                               


SILABUS

Nama Sekolah               : …………………
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Program             : X
Semester                      : 1      
Standar Kompetensi       :  Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
Alokasi                         :  12 x 45 menit


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
3.1    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran



Permintaan dan Penawaran
·  pengertian permintaan dan kurva permintaan.
·  faktor yang mempengaruhi permintaan.
·  pengertian penawaran dan kurva penawaran
·  faktor yang mempengaruhi  penawaran



·   Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka.
·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal : telur menjelang hari raya).
·   Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang hari raya).

·      Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran
·      Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
·      Menggambar kurva permintaan dan penawaran.




Jenis tagihan: kuis,  pertanyaan lisan, ulangan,  laporan kerja praktik, tugas individu,  tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, portofolio, jawaban singkat,


2x45 menit





Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
3.2    Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya

Hukum Permintaan dan Penawaran


·   Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.
·   Menunjukan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : jeruk pontianak).


·      Mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi-asumsinya

·      Memberikan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat.






1x45 menit
Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
3.3    Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan


Harga Keseimbangan
·     fungsi permintaan dan penawaran.
·     kurva permintaan dan penawaran.




·     pengertian elastisitas dan macam-macamnya.
·     menentukan elastisitas permintaan dan penawaran


·     pengertian harga  dan output keseimbangan
·     menentukan harga  dan output keseimbangan
·     pergeseran titik keseimbangan


·   Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).

·     Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).



·     Memberi contoh  proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
·     Menghitung elastisitas permintaan dan  penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis.
·     Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi.
·     Menentukan harga dan output keseimbangan dengan  menggunakan tabel, dan grafik




·   Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan.





·   Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
·   Menghitung elastisitas permintaan dan  penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
·   Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dan menggambarkan grafiknya.
·   Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan








5 x 45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
3.4    Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang

Pasar Barang
·     pengertian pasar barang
·     bentuk-bentuk  pasar barang (pasar output)


·     Mendeskripsikan pengertian dan  bentuk pasar barang  melalui kajian referensi


·     Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna).



2 x 45 menit


Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
3.5    Mendeskripsikan pasar input

Pasar Input
pasar input (pasar faktor  produksi)
·     Merumuskan pasar input melalui kajian referensi
·     Mencari berbagai bentuk pasar melalui studi lapangan.
·     Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input






2 x 45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.



SILABUS

Nama Sekolah               : …………………
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Program             : X
Semester                      : 2      
Standar Kompetensi       :  Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Alokasi                         :  6 x 45 menit


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
4.1      Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro









Ekonomi Mikro dan Makro
·   pengertian ekonomi mikro
dan ekonomi makro
·   perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro










·   Mendeskripsikan pengertian
ekonomi mikro dan ekonomi makro melalui  kajian  referensi.
·   Mendiskusikan Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas
·   Menunjukan contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam diskusi.
·   Menyimpulkan hasil diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro


·   Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro
·   Mendeskripsikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro
·   Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll)
Jenis tagihan:  pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu,  tugas kelompok

Bentuk tagihan: uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas,







4 x 45 menit









Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
4.2  Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
·     kemiskinan
·     pemerataan pendapatan

·         Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui observasi lingkungan siswa. (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
·         Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dalam diskusi.
·         Mengkomunikasikan hasil diskusi.
·         Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan).

·         Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.




2x45 menit




Referensi yang relevan
pada sumber bahan.

                       







SILABUS

Nama Sekolah               : …………………
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Program             : X
Semester                      : 2      
Standar Kompetensi       :  Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
Alokasi                         :  8 x 45 menit


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
5.1      Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN











Pendapatan Nasional
·     pengertian pendapatan nasional
·     konsep PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, dan DI
·     cara penghitungan pendapatan nasional


·     Merumuskan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, pendapatan disposibel (DI), melalui pengkajian referensi
·     Menghitung pendapatan perkapita berdasarkan data BPS
·      






·     Mendeskripsikan konsep PDB, PNB, PNN, PI, pendapatan disposibel (disposible income)
·     Menghitung  pendapatan per kapita.




Jenis tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, tugas individu,  tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas.


2 x 45 menit











Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
5.2      Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional

Perhitungan pendapatan nasional
·      manfaat perhitungan pendapatan nasional
·      menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran

·     Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional dengan mengkaji sumber referensi di kelas
·     Menunjukan perbedaan  metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi , pendapatan, dan pengeluaran melalui pengkajian referensi.

·     Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional
·     Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran
·     Membedakan metode perhitungan pendapatan  nasional  dengan pendekatan  pendapatan, produksi dan pengeluaran.








2x45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
5.3      Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain

PDB dan pendapatan perkapita
·     membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.

·     Mengkaji referensi untuk membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.


·     Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita  Indonesia dengan negara lain.






2 x 45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi
Inflasi
·     pengertian inflasi.
·     sebab dan cara mengatasi inflasi.
·     dampak inflasi


Indeks Harga
·     indeks harga konsumen dan produsen
·     menghitung inflasi dengan indeks harga


·     Mengkaji referensi  tentang  inflasi.
·     Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya melalui pengkajian referensi.
·         Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta di lingkungan sekitar siswa untuk mengetahui dampak inflasi yang mereka alami.                                 
·         Mencari data tentang perkembangan harga kebutuhan pokok di lingkungan siswa, dan menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen

·     Mendeskripsikan pengertian  inflasi.
·     Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya
·      Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi .
·     Mendeskripsikan indeks harga konsumen dan produsen
·     Menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen.





3 x 45 menit



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           


SILABUS

Nama Sekolah               : …………………
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Program             : X
Semester                      : 2      
Standar Kompetensi       :  Memahami konsumsi dan investasi
Alokasi                         :  10 x 45 menit


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
6.1    Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan




Penerapan fungsi matematika dalam ekonomi
·     Fungsi Konsumsi
·     Fungsi Tabungan






·     Mengkaji referensi untuk menentukan harga, out put keseimbangan, laba / rugi dan produksi optimum dengan fungsi matematis dan dan menggunakan tabel dan grafik.


·      Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
·      Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya



Jenis tagihan: ulangan, laporan individu atau kelompok
Bentuk tagihan; uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas.





6 x 45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi
Kurva Permintaan Investasi
Mengkaji referensi tentang kurva permintaan investasi
Memberi contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan  statistik dalam analisis ekonomi

4 x 45 menit

Referensi yang relevan
pada sumber bahan.


SILABUS

Nama Sekolah               : …………………
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Program             : X
Semester                      : 2      
Standar Kompetensi       :  Memahami uang dan perbankan
Alokasi                         :  8 x 45 menit


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
7.1    Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang




Permintaan dan penawaran uang
§  pengertian permintaan dan penawaran uang
§  faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang

·     Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang melalui kajian referensi




·     Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang
·     Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang
Jenis tagihan: ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu,  tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas,  portofolio.
2x 45 menit





Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
7.1    Membedakan peran bank umum dan bank sentral

Bank
§  pengertian bank
§  peran bank umum dan bank sentral
§  lembaga keuangan bukan bank
§  kredit.




·     Mendiskusikan jenis, fungsi, serta cara memanfaatkan produk bank dan lembaga keuangan lainnya dalam kehidupan sehari-hari melalui kajian referensi/studi lapangan.

·     Mengkaji referensi tentang pengertian kredit, persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit, kebaikan  kredit dan keburukan kredit.


·     Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah dan bank perkreditan rakyat.
·     Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan produk bank  dalam kehidupan sehari-hari.
·     Mendeskripsikan konsep kredit.
·     Menguraikan persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit ( 5 C)







4x 45 menit

 Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter
Kebijakan pemerintah di bidang moneter
·     Kebijakan moneter

·     Merumuskan kebijakan moneter dengan mengkaji sumber bahan


·     Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga
·     Mendeskripsikan kebijakan  moneter





2x45 menit
Referensi yang relevan
pada sumber bahan.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.