Silabus
Ekonomi
Nama Guru
|
:
|
……………………
|
NIP
|
:
|
……………………
|
Kelas
|
:
|
XII
|
Program
|
:
|
IPA & IPS
|
Semester
|
:
|
……………………
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
……………………
|
SMA …………………
Jl. ……………………………………….
Kabupaten/ Kota
SILABUS
Nama Sekolah :
…………………
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Program :
X
Semester :
1
Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan
dan sistem ekonomi
Alokasi : 10
x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1.1
Mengidentifikasi kebutuhan manusia
|
Kebutuhan manusia
· Pengertian
kebutuhan
· Macam-macam
kebutuhan
|
· Mencari
informasi tentang pengertian kebutuhan
manusia melalui berbagai macam sumber.
· Mengidentifikasi
bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
· Mendiskusikan
kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
· Mengklasifikasikan
jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan.
|
· Mendeskripsikan
pengengertian kebutuhan.
· Mengidentifikasi
bermacam-macam kebutuhan manusia.
|
Jenis tagihan: kuis, pertanyaan lisan, ulangan, tugas individu, tugas kelompok
Bentuk tagihan:
pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, jawaban singkat.
|
2x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
1.2 Mendeskripsikan
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
|
Berbagai sumber
ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
·
pengertian kelangkaan
·
faktor penyebab kelangkaan
·
pengalokasian sumber daya ekonomi.
|
· Menggali
informasi tentang kelangkaan
· Mendiskusikan
faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan
sekitarnya.
· Mengidentifikasi
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan
manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan
sekitarnya.
· Bersikap
rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.
|
· Mendeskripsikan
pengertian kelangkaan
· Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kelangkaan
· Mengidentifikasi
pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak
|
2x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
|
1.3
Mengidentifikasi masalah pokok
ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana
dan untuk siapa barang diproduksi
|
Masalah pokok ekonomi
· barang apa
yang diproduksi.
· bagaimana
cara memproduksi
· untuk siapa
barang diproduksi.
|
· Mengidentifikasi
barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang
diproduksi melalui studi lapangan di suatu daerah.
|
· Mengidentifikasi
barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi.
|
2x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
|
1.4
Mengidentifikasi hilangnya
kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
|
Biaya peluang.
· pengertian
biaya peluang.
· contoh biaya
peluang pada kesempatan kerja.
|
· Mengkaji
referensi tentang permasalah ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
· Mendiskusikan
contoh biaya peluang pada kesempatan
kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
|
· Mendeskripsikan
pengertian biaya peluang.
·
Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan
kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
|
2x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
|
1.5
Mengidentifikasi sistem ekonomi
untuk memecahkan masalah ekonomi
|
Sistem ekonomi
· pengertian
sistem eknomi
· macam-macam
sistem ekonomi
· kebaikan dan
kelemahan sistem ekonomi.
· cara
memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.
|
· Mengkaji
referensi tentang sistem ekonomi
· Mengidentifikasi
sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi lapangan
|
·
Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi
·
Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi
(produksi, distribusi dan konsumsi).
|
2x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
SILABUS
Nama Sekolah :
…………………
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Program :
X
Semester :
1
Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam
kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Alokasi : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen
dan produsen dalam kegiatan ekonomi
|
Perilaku konsumen dan produsen
·
manfaat dan nilai suatu barang
·
perilaku konsumen
·
perilaku produsen
|
· Membahas
manfaat dan nilai suatu barang
· Mendeskripsikan
perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka/observasi lapangan
|
· Mendeskripsikan
manfaat dan nilai suatu barang.
· Mendeskripsikan
perilaku
konsumen dan produsen
·
Mendeskripsikan teori perilaku
konsumen (tabel dan grafik)
·
Mendeskripsikan teori perilaku
produsen (tabel dan grafik)
|
Jenis tagihan:
kuis, pertanyaan lisan, ulangan,
responsi, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok
Bentuk tagihan;
pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, menjodohkan,
performance, portofolio, jawaban singkat,
|
3x45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
2.2
Mendeskripsikan
Circulair Flow Diagram
|
Arus lingkaran kegiatan ekonomi
· diagram interaksi pelaku ekonomi. (circulair flow diagram)
·
manfaat interaksi pelaku ekonomi
|
·
Membuat model diagram interaksi pelaku
ekonomi (Circulair Flow Diagram).
·
Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi
pengambil kebijakan ekonomi.
|
·
Membuat model diagram interaksi
pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)
·
Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi
pelaku ekonomi.
|
2x45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
|
2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan
produsen
|
pelaku ekonomi
|
· Mendeskripsikan
peran pelaku ekonomi (rumah tangga,
perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui studi pustaka
· Menunjukan
contoh peran pelaku ekonomi di
masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri)
melalui diskusi di kelas.
|
·
Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi
(rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
·
Memberi contoh peran pelaku ekonomi di
masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
|
3x45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
SILABUS
Nama Sekolah :
…………………
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Program :
X
Semester :
1
Standar
Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan,
penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
Alokasi : 12 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan dan penawaran
|
Permintaan dan Penawaran
· pengertian
permintaan dan kurva permintaan.
· faktor yang mempengaruhi permintaan.
· pengertian
penawaran dan kurva penawaran
· faktor yang mempengaruhi penawaran
|
· Mendeskripsikan
pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka.
· Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
dan penawaran terhadap
barang (misal : telur menjelang hari raya).
· Menggambar
kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur
menjelang hari raya).
|
· Mendeskripsikan
pengertian permintaan dan penawaran
· Mendeskripsikan
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
· Menggambar
kurva permintaan dan penawaran.
|
Jenis tagihan: kuis, pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan
ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, portofolio, jawaban
singkat,
|
2x45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum
penawaran serta asumsi yang mendasarinya
|
Hukum Permintaan dan Penawaran
|
· Menemukan
hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian
referensi.
· Menunjukan
penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di
masyarakat (misal : jeruk pontianak).
|
· Mendeskripsikan
hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi-asumsinya
· Memberikan
contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan di
masyarakat.
|
1x45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
|
3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan
jumlah keseimbangan
|
Harga Keseimbangan
· fungsi
permintaan dan penawaran.
· kurva
permintaan dan penawaran.
· pengertian
elastisitas dan macam-macamnya.
· menentukan
elastisitas permintaan dan penawaran
· pengertian
harga dan output keseimbangan
· menentukan
harga dan output keseimbangan
· pergeseran
titik keseimbangan
|
· Menemukan
fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan
penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).
· Mengkaji
referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas
(misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).
·
Memberi contoh
proses terbentuknya harga dan output
keseimbangan dari suatu transaksi jual
beli.
· Menghitung
elastisitas permintaan dan penawaran
dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis.
· Menentukan
elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi.
· Menentukan
harga dan output keseimbangan dengan
menggunakan tabel, dan grafik
|
· Mendeskripsikan
proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan.
· Mendeskripsikan
pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
· Menghitung
elastisitas permintaan dan penawaran
dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
· Mendeskripsikan
proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dan menggambarkan
grafiknya.
· Menghitung
harga dan output dalam keadaan keseimbangan
|
5 x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
|
3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar
barang
|
Pasar Barang
· pengertian
pasar barang
· bentuk-bentuk pasar barang (pasar output)
|
·
Mendeskripsikan pengertian dan bentuk pasar barang melalui kajian referensi
|
· Mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan
tidak sempurna).
|
2 x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
|
3.5 Mendeskripsikan pasar input
|
Pasar Input
pasar input (pasar faktor
produksi)
|
·
Merumuskan pasar input
melalui kajian referensi
·
Mencari berbagai bentuk pasar melalui studi
lapangan.
|
· Mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar input
|
2 x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
SILABUS
Nama Sekolah :
…………………
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Program :
X
Semester :
2
Standar
Kompetensi : Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Alokasi : 6 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
4.1
Mendeskripsikan perbedaan antara
ekonomi mikro dan ekonomi makro
|
Ekonomi Mikro dan Makro
· pengertian
ekonomi mikro
dan ekonomi makro
· perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro
|
· Mendeskripsikan
pengertian
ekonomi mikro dan
ekonomi makro
melalui kajian referensi.
· Mendiskusikan
Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro di
kelas
· Menunjukan
contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam diskusi.
· Menyimpulkan
hasil diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro
|
· Mendeskripsikan
pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro
· Mendeskripsikan
perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro
· Memberi
contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan
ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll)
|
Jenis tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja
praktik, tugas individu, tugas
kelompok
Bentuk tagihan: uraian
obyektif, tes tertulis, uraian bebas,
|
4 x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
4.2 Mendeskripsikan masalah-masalah yang
dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
|
Masalah-masalah yang
dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
· kemiskinan
· pemerataan
pendapatan
|
·
Mengidentifikasi Masalah-masalah
yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui observasi lingkungan siswa.
(kemiskinan,pemerataan pendapatan).
·
Mencari pemecahan masalah-masalah
yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dalam diskusi.
·
Mengkomunikasikan hasil diskusi.
|
·
Mengidentifikasi Masalah-masalah
yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
·
Mencari pemecahan masalah-masalah
yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
|
2x45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
SILABUS
Nama Sekolah :
…………………
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Program :
X
Semester :
2
Standar
Kompetensi : Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional
Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
Alokasi : 8 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN
|
Pendapatan Nasional
· pengertian
pendapatan nasional
· konsep PDB,
PDRB, PNB, PN(NNI), PI, dan DI
· cara
penghitungan pendapatan nasional
|
· Merumuskan
pengertian PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, pendapatan disposibel (DI), melalui
pengkajian referensi
· Menghitung pendapatan
perkapita berdasarkan data BPS
·
|
· Mendeskripsikan
konsep PDB, PNB, PNN, PI, pendapatan disposibel (disposible income)
· Menghitung pendapatan per kapita.
|
Jenis tagihan: pertanyaan lisan,
ulangan, tugas individu, tugas
kelompok
Bentuk tagihan; pilihan
ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas.
|
2 x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional
|
Perhitungan pendapatan nasional
· manfaat
perhitungan pendapatan nasional
· menghitung pendapatan nasional menggunakan
pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran
|
·
Mengidentifikasi
manfaat perhitungan pendapatan nasional dengan mengkaji sumber referensi di
kelas
·
Menunjukan
perbedaan metode perhitungan
pendapatan nasional dengan pendekatan produksi , pendapatan, dan pengeluaran
melalui pengkajian referensi.
|
·
Mengidentifikasi
manfaat perhitungan pendapatan nasional
·
Menghitung
pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan
pengeluaran
·
Membedakan
metode perhitungan pendapatan
nasional dengan pendekatan pendapatan, produksi dan pengeluaran.
|
2x45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
|
5.3 Membandingkan PDB dan pendapatan
perkapita Indonesia dengan negara lain
|
PDB dan pendapatan perkapita
·
membandingkan
PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.
|
·
Mengkaji
referensi untuk membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan
negara lain.
|
·
Membandingkan
PDB dan pendapatan perkapita Indonesia
dengan negara lain.
|
2 x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
|
5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan
inflasi
|
Inflasi
· pengertian
inflasi.
· sebab dan
cara mengatasi inflasi.
· dampak
inflasi
Indeks Harga
· indeks harga
konsumen dan produsen
· menghitung
inflasi dengan indeks harga
|
·
Mengkaji referensi tentang
inflasi.
·
Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi
dan cara mengatasinya melalui pengkajian referensi.
·
Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri
dan swasta di lingkungan sekitar siswa untuk mengetahui dampak inflasi yang
mereka alami.
·
Mencari data tentang perkembangan harga
kebutuhan pokok di lingkungan siswa, dan menghitung inflasi dengan indeks
harga produsen dan konsumen
|
· Mendeskripsikan
pengertian inflasi.
· Mengidentifikasi
sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya
· Mengumpulkan informasi
terhadap pegawai negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi .
· Mendeskripsikan
indeks harga konsumen dan produsen
· Menghitung
inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen.
|
3 x 45 menit
|
SILABUS
Nama Sekolah :
…………………
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Program :
X
Semester :
2
Standar
Kompetensi : Memahami konsumsi dan investasi
Alokasi : 10 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan
fungsi tabungan
|
Penerapan
fungsi matematika dalam ekonomi
·
Fungsi Konsumsi
·
Fungsi Tabungan
|
·
Mengkaji referensi untuk menentukan harga, out put keseimbangan, laba / rugi
dan produksi optimum dengan fungsi matematis dan dan menggunakan tabel dan
grafik.
|
·
Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
·
Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya
|
Jenis
tagihan: ulangan, laporan individu atau kelompok
Bentuk
tagihan; uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas.
|
6
x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
|
6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi
|
Kurva
Permintaan Investasi
|
Mengkaji referensi tentang kurva
permintaan investasi
|
Memberi
contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi
|
4 x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada sumber bahan.
|
SILABUS
Nama Sekolah :
…………………
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Program :
X
Semester :
2
Standar
Kompetensi : Memahami uang dan perbankan
Alokasi : 8 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
7.1 Menjelaskan konsep permintaan dan
penawaran uang
|
Permintaan dan penawaran uang
§ pengertian
permintaan dan penawaran uang
§ faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang
|
· Mendeskripsikan
pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
dan penawaran uang melalui kajian referensi
|
· Mendeskripsikan
pengertian permintaan dan penawaran uang
· Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang
|
Jenis tagihan: ulangan, laporan kerja
praktik, tugas individu, tugas
kelompok
Bentuk tagihan; pilihan
ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, portofolio.
|
2x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
7.1 Membedakan peran bank umum dan bank
sentral
|
Bank
§ pengertian
bank
§ peran bank umum dan bank sentral
§ lembaga
keuangan bukan bank
§ kredit.
|
· Mendiskusikan
jenis, fungsi, serta cara memanfaatkan produk bank dan lembaga keuangan
lainnya dalam kehidupan sehari-hari melalui kajian referensi/studi lapangan.
·
Mengkaji referensi tentang pengertian kredit,
persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit, kebaikan kredit dan keburukan kredit.
|
· Menguraikan
fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah dan bank perkreditan rakyat.
· Mengidentifikasi
cara-cara memanfaatkan produk bank
dalam kehidupan sehari-hari.
· Mendeskripsikan
konsep kredit.
· Menguraikan
persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit ( 5 C)
|
4x 45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
|
7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah
di bidang moneter
|
Kebijakan pemerintah di bidang moneter
· Kebijakan
moneter
|
· Merumuskan
kebijakan moneter dengan mengkaji sumber bahan
|
· Menentukan
pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga
· Mendeskripsikan
kebijakan moneter
|
2x45 menit
|
Referensi yang relevan
pada
sumber bahan.
|
No comments:
Post a Comment